Bensin Basi Bisa Ganggu Performa Motor

OTOBATAAVIA- JAKARTA – Istilah bensin basi cukup lumrah bagi para pengguna motor. Bila anda pengguna motor, jangan sampai abaikan bensin basi tersebut karena sangat berpengaruh bagi proses pembakaran dalam mesin.

, Technical Training Instructuor PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Mukti Abdul Rahman, menjelaskan biasanya kondisi motor terganggu lebih karena faktor eksternal seperti bensin yang kotor atau bensin yang basi karena motor terlampau lama tidak digunakan.

“Bensin atau bahan bakar basi biasanya terjadi karena kontaminasi dengan udara luar seperti penguapan bensin yang menyisahkan butiran air yang akan mengganggu pembakaran atau hilangnya za aditif karena bensin rusak,” kata Mukti di Training Center WMS, Jatake, Tangerang, Kamis (18/5/2017).

Bensin basi, lanjut Mukt,i cepat berpengaruh buruk pada motor yang menggunakan karburator, sementara untuk motor injeksi biasanya lebih tahan lama karena proses kontaminasinya cukup sulit.

“Jadi biasanya pada motor karburator proses kontaminasinya lebih cepat biasanya satu bulan bensin sebaiknya dikuras dan diganti dengan yang baru,karena jika terhisap fuel pump bisa mengganggu pembakaran pada motor,” katanya.

Solusi terbaik mengatasi masalah bensin basi adalah mengurasnya secara keseluruhan mulai dari tangki hingga saluran injeksinya dan paling tepat dilakukan di bengkel.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply